Cara Merekam Game Dengan Bandicam Bagi Para Youtuber

Menjadi seorang youtuber memang menjadi trend karena dapat menghasilkan banyak uang. Salah satu konten paling banyak penontonnya adalah konten terkait game yang kini semakin bagus dan keren. Oleh karena itu, untuk memperlancar membuat kontennya, maka dibutuhkan software bernama Bandicam. Namun sudah tahukah cara merekam game dengan bandicam? disini akan diulas dengan tuntas.

Apa Itu Software Bandicam?

Bandicam merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai media merekam layar beresolusi tinggi yakni 4K Ultra HD. Perekaman layar menggunakan perangkat lunak ini memang memberikan kelebihan tersendiri yakni kapasitas ukuran videonya relatif lebih rendah. Dengan demikian tidak akan khawatir kehabisan tempat penyimpanan internal maupun eksternal.

Namun, sangat disayangkan sekali karena aplikasi tersebut hanya bisa melakukan perekaman layar saja belum bisa melakukan live streaming. Selain itu, bagi para pengguna yang ingin mendapatkan banyak fitur – fitur keren lainnya harus membeli versi premiumnya. Walau seperti itu aplikasi perekaman ini sangat bermanfaat untuk dijadikan sarana membuat konten youtube.

Cara Mudah Melakukan Perekaman Game Menggunakan Bandicam

Setelah mengetahui apa itu software Bandicam, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana menggunakan aplikasi tersebut dengan benar. Oleh karena itu, perhatikan saja penjelasan tentang beberapa cara merekam game dengan Bandicam cukup simpel berikut ini.

1. Langkah 1 : Melakukan Download Aplikasi Bandicam

Langkah yang pertama harus dilakukan oleh para pengguna aplikasi satu ini adalah melakukan pengunduhan pada software Bandicam. Kemudian lakukan penginstalan pada komputer masing – masing dan ikutilah setiap langkah – langkah yang telah disedaikan di dalam aplikasinya.

2. Langkah 2 : Melakukan Pengaturan Setelan Umum

Langkah kedua adalah melakukan pengaturan pada setelan umum ketika sudah memasuki menu utama aplikasinya. Caranya sangat mudah yakni pilih “Game Recording Mode” yang terletak pada ikon konsol game pada  bagian atas layar. Setelah itu klik pada tulisan “General” yang terletak di tampilan layar selanjutnya.

Setelah itu lakukan pengaturan terkait dengan tempat penyimpanan rekaman yang akan dilakukan yakni pilik “Output Folder”. Untuk sarannya, gunakan saja tempat penyimpanan eksternal yang memiliki ruang sisa penyimpanan yang sangat banyak. Kemudian tidak usah melakukan perubahan terhadap setelah – setelan yang terdapat dibawah tulisan output Folder.

3. Langkah 3 : Aturlah Setelah Pada Video

Langkah selanjutnya ini adalah melakukan penyetelan terhadap videonya yakni dengan cara mengklik tulisan “Video” pada menu. Setelah masuk di dalam halamannya, maka lakukanlah pengaturan sesuai dengan keinginan masing – masing. Kalau bisa aturlah pengaturan sesuai dengan spek pada komputer maupun laptop yang digunakan.

Setelah itu klik pada tulisan “Setting” untuk membuka pengaturan lainnya. Jika sudah masuk, centang saja tulisan “Record Sound” untuk merekam suara di video. Namun apabila ingin melakukan perekaman dengan menggunakan mikrofon tambahan, maka klik tulisan “Secondary Sound Device”. Kemudian centang “Two Sound Mixing” untuk menggabung suara menjadi satu.

Kemudian centang pada “Push-To-Talk or Push-To-Mute” sebagai sarana merekam di waktu tertentu. Setelah itu jika ingin menggunakan media webcam, maka tekan menu “Webcam”. Selanjutnya centang pada “Add Webcam Overlay to the video” agar bisa menampilkan webcam. Untuk mengatur pengaturan lainnya bisa dengan melakukan klik pada tulisan “Format”.

Untuk format default, gambar wajah perekam akan ditempatkan di bagian bawah kanan layar. Namun bisa dirubah di menu “Advance”. Kemudian apabila ingin melakukan perubahan format dan juga kualitas pada video, maka tekan “Present”. Namun bila ingin melakukan perubahan sesuai keinginan, maka bisa memilih “Settings”

4. Langkah 4 : Lakukan Perekaman Game

Langkah selanjutnya ini harus membuka game yang ingin direkam. Kemudian akan disediakan sebuah pilihan frame per second (fps). Warnanya hijau dan menandakan belum melakukan perekaman. Kemudian klik tombol F12 untuk default rekaman dan warna berubah menjadi merah. Selesai perekaman video game sudah berhasil dilakukan.

Itulah tadi beberapa tutorial tentang bagaimana cara merekam game dengan Bandicam dengan simpel dan mudah. Namun perlu diingat bahwa sebelum melakukan perekaman, maka harus latihan bermain game agar mendapatkan hasil permainan yang maksimal.

READ  Cara Menghapus Game Center Di Hp Oppo Yang Harus Diketahui

About the Author: Aprylia Shinta Bella

You May Also Like