Tutorial Membuat Game Dengan Unity 3D Simpel, Menarik dan Keren

Sebagai generasi muda milenial tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya game. Game sekarang sudah bisa dimainkan dengan menggunakan HP. Terkadang anak muda sekarang ingin meningkatkan keterampilannya menciptakan sebuah game. Oleh karena itu dibawah ini ada beberapa panduan cara membuat game dengan unity 3D dengan sangat mudah sekali.

1. Buka Terlebih Dahulu Aplikasi Unity 3D

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat game dengan unity adalah dengan membuka aplikasinya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah sekali yakni tingga menekan klik 2 kali di aplikasi tersebut. Bisa juga dengan menggunakan alur dari menu Start – All Program – Unity 5.0.2 f1 – Unity.

2. Membuka New Project

Jika aplikasi Unity 3D sudah terbuka, maka langkah selanjutnya adalah memilih tulisan New Project. Hal ini akan membuka pekerjaan baru untuk membuat game yang akan direncanakan sebelumnya. Cukup klik satu kali saja, nanti akan ditujukan ke halaman pembuatan game.

3. Lakukan Perubahan Nama atau Biarkan

Setelah mengklik tulisan New Project, maka langkah selanjutnya adalah membuat nama projek game yang akan dikerjakan. Bisa juga menggunakan nama default mengikuti ketentuan dari komputernya. Kemudian pilihlah penyimpanan dan pilih juga tulisan 3D lalu tekan “Create Project” dan akan tampil halaman pengeditan.

4. Membuat Tampilan Tanah (Terrain)

Langkah selanjutnya ketika sudah masuk halaman editor adalah membuat tampilan tanah pada gamenya. Caranya sangat mudah sekali yakni tekan Game Object – 3D Object – pilih Terrain. Setelah itu akan muncul tampilan dari Terrain nya dan lakukan perubahan ukurannya yakni 300 (Terrain Width) dan 300 (Terrain Length).

5. Merubah Tampilan Objek Terrain

Setelah membuat tampilan dari terrain, maka langkah selanjutnya saat akan melakukan perubahan pada terrain. Caranya adalah dengan mengklik tulisan Raise / Lower Terrain – Brushes (sesuai keinginan) – Brush Size (20) dan Opacity (10).

6. Haluskan Permukaan Terrain

Langkah selanjutnya akan melakukan penghalusan pada tampilan dari Terrain tersebut. Caranya juga sangatlah mudah yakni pilih menu Smooth Height – kemudian sesuaikan sesuai keinginan dan selanjutnya lakukan pengarsiran pada Terrain.

7. Tambahkan Tekstur Terrain

Hal yang menjadikan tampilan game adalah pada tekstur Terrain yang harus bisa disesuaikan dengan bagus. Untuk bisa menambahkan teksturnya maka bisa mengklik Paint Texture – Edit Texture – lalu Add Texture. Setelah ini akan muncul tampilan halaman dari Add Terrain Texture.

8. Menambahkan Gambar Permukaan Tanah

Langkah selanjutnya adalah menambahkan gambar permukaan tanah yang telah di download sebelumnya. Setidaknya siapkan 2 gambar tanah dan lakukan drag di Tab Project pada menu Assets. Lalu sesuaikan tingkat ukuran dari Smoothless dan jika sudah tekan Apply.

9. Tambahkan Pencahayaan dan Sesuaikan

Setelah itu, maka hal hal harus dilakukan adalah menambahkan pencahayaan pada Terrain yang sudah dibuat. Caranya adalah pilih Hierarchy – lalu Directional Light. Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada cahaya di menu Inspector > Light disesuaikan sesuai dengan keinginan masing – masing.

10. Membuat Jalanan Pada Terrain

Langkah selanjutnya setelah membuat Terrain adalah membuat jalanan pada Terrainnya. Caranya adalah dengan kembali ke menu Hierarchy > Terrain. Kemudian Inspector > Pain Texture > Edit Texture > Add Texture > Drag gambar > Add Terrain Texture > Add. Setelah itu lakukan penaksiran sesuai dengan keinginan masing – masing.

11. Tambahkan Karakter di Game

Setelah Terrain berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya adalah membuat karakter di dalam game nya. Caranya klik Assets > Import Package > Characters.  Kemudian tambahkan karakter ke Terrain dengan cara klik Tab Project – Assets – Standard – Assets – Characters – Tri rdPersonControler – Prefabs – TrirdPersonControler.

12. Tambahkan Main Kamera

Jika sudah jadi semua, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan main kamera. Penambahan tersebut agar karakter bisa dimainkan secara maksimal. Caranya adalah Klik Hierarchy > drag dan pindahkanlah main camera menuju Tri rd Person Controller. Setelah itu, lakukan penyesuaian main kamera pada karakter gamenya.

15. Simpan dan Mainkan Game

Setelah semua selesai dilakukan, maka langkah yang terakhir adalah menyimpan permainan yang telah dibuat itu. Caranya pilih menu File > Save Scene as > Kasih nama > Save. Kemudian uji coba gamenya dengan menekan tombol play.

Itulah tadi beberapa tutorial tentang membuat game dengan unity 3D yang sangat mudah dan simpel sekali. Cobalah untuk mempraktekkannya sendiri dan kembangkan imajinasi sesuai dengan keinginan dalam mengatur konsep game. Selamat berkarya.

READ  Cara Merekam Game Dengan Bandicam Bagi Para Youtuber

About the Author: Aprylia Shinta Bella

You May Also Like