Mengasah Kemampuan Anak Dengan Game Belajar Anak Offline

Pada masa canggih semacam ini dimana berbagai teknologi mengalami perkembangan pesat. Hal itu jugalah yang terjadi pada dunia pendidikan dan dunia hiburan, sehingga dapat di satu padukan menjadi sebuah aplikasi. Dimana aplikasi ini berbentuk game belajar anak offline yang dapat diunduh dengan menggunakan smartphone masing-masing. Meskipun banyak anak yang sudah bisa mengoperasikan smartphone sendiri.

Tetapi peran orang tua tetap sangat diperlukan untuk membimbing dan memilihkan apa saja tontonan yang layak dan kurang layak untuk dikonsumsi oleh anak. Pasalnya masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan yang belum bisa menentukan sendiri mana yang baik dan mana yang kurang baik untuk dilihat. Untuk itu, berikut akan disajikan beberapa ulasan tentang game yang dapat mengedukasi anak dan bisa digunakan secara offline:

Contents

READ  6 Game Monopoli Offline Terbaik di Android

1. ABC Kids-Tracing & Phonics

Untuk mengisi waktu senggang anak dengan bermain sambil belajar, menggunakan game belajar anak offline ini merupakan pilihan yang tidak salah. Karena disini anak akan belajar bagaimana cara mencocokkan berbagai macam huruf dengan huruf yang lain. Supaya membentuk serangkaian kata atau bahkan kalimat yang benar.

Para orang tua yang hendak memainkan game ABC Kids-Tracing & Phonics dapat melakukan pengunduhan terlebih dahulu melalui google playstore di smartphone sendiri-sendiri. Selain di google playstore, para orang tua juga dapat mengunduh game besutan developer RV AppStudios ini melalui AppStore.

2. Cake Mania 3

Dengan memainkan game Cake Mania 3 ini, otak anak akan dilatih untuk cepat memberikan respon secara tidak langsung. Dalam game ini anak akan memerankan tokoh seorang pengelola dari sebuah toko kue. Yang sekaligus merangkap sebagai seorang koki handal dari toko yang dikelola tersebut. Selain kue, anak juga harus mampu memasak berbagai macam menu yang tentunya nikmat dimakan.

Pastinya dalam sebuah game akan memiliki tantangan yang akan dihadapi oleh pemain. Begitupun dalam game ini, dimana anak harus menyelesaikan semua masakan yang telah dipesan dengan waktu yang terbatas.

3. Children’s Doctor: Dentist

Children’s Doctor: Dentist merupakan salah satu game belajar anak offline yang cocok dimainkan oleh anak yang memiliki cita-cita ingin menjadi seorang dokter. Pasalnya dalam game ini anak akan diajarkan bagaimana cara menggosok sekaligus merawat kesehatan gigi dengan benar. Selain itu, game ini juga dapat melatih anak supaya lebih peka dan tidak merasa takut pada sosok seorang dokter.

4. Kids Puzzles-Wooden Jigsaw

Game ini merupakan salah satu game hasil karya dari Developer Skycap yang dirancang khusus untuk memenuhi keperluan pendidikan anak sebelum memasuki dunia sekolah. Dengan memainkan game ini dapat melatih daya ingat anak dan juga keterampilan motorik anak.

Hadir dengan tampilan yang cukup lucu ditambah karakter yang mengadaptasi tokoh kartun favorit anak-anak semakin membuat game ini banyak disukai anak juga. Diantara karakter kartun yang digunakan seperti Mickey Mouse, Bugs Bunny, Scooby Dooby Doo, dan beragam karakter lucu lainnya.

5. Game Edukasi Anak Lengkap

Game ini dapat dimainkan dengan melakukan pengunduhan terlebih dahulu melalui google playstore. Sehingga game belajar anak offline ini siap untuk dimainkan sebagai media mengasah dan melatih daya ingat anak. Dalam game ini tersedia berbagai macam permainan seru seperti mewarnai, pengenalan huruf, angka, warna, buah, dan yang lainnya. Selain itu, game ini juga dilengkapi dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris.

Sekian pembahasan tentang beberapa game belajar anak offline yang dapat dimainkan melalui smartphone maupun pc. Beberapa game diatas dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi anak disamping untuk memenuhi kebutuhan anak dalam bermain.

About the Author: Aprylia Shinta Bella

You May Also Like